Busi Racing untuk Jupiter MX

Jumat, 31 Juli 2009 di 03.41
Berhubung banyak yang mencari tahu mengenai busi yang paling bagus/pas untuk motor Jupiter MX. Maka kali ini saya akan mengulas mengenai busi untuk motor Jupiter MX.

Busi standart bawaan dari pabrik adalah tipe CPR8EA-9. Tipe busi ini terkadang agak sulit didapat. Bila kita melakukan service di bengkel resmi Yamaha dan kebetulan perlu ganti busi, maka terkadang bengkel tersebut akan memberikan busi dengan tipe CPR6EA. Memang sekilas dirasapun tidak begitu ada perbedaan. Tapi kalo dirasa betul2 maka untuk CPR8EA lebih terasa enak terutama pada saat putaran mesin tinggi. Jadi kalo bisa tetap gunakan yang CPR8EA-9.

Bagaimana dengan busi Racing?
Untuk busi racing yang paling baik dipakai dan cocok adalah busi Iridium NGK CR8EIX. Sebenarnya busi racing lebih baik digunakan bila kita telah merubah pengapian, seperti dengan ganti CDI racing atau dengan Coil yang lebih baik sehingga api yang dihasilkan menjadi sangat sempurna. Di motor saya setelah CDI dan Coil saya ganti dengan produk aftermarket, maka saya gunakan busi Iridium CR8EIX ini. Dan Hasilnya pun memang sangat terasa perbedaannya dibandingkan dengan menggunakan busi standart. Dan umur pakainya pun jauh lebih baik.

Tetapi sekedar saran saya saja, bila motor hanya untuk digunakan untuk sehari2 pemakaian biasa, lebih baik gunakan saja busi standart. Kenapa? Harga busi Iridium mahalnya minta ampun. Busi ini baik dan tahan lama digunakan bila memang kita suka dengan kecepatan. Tapi bila hanya dipakai normal2 saja, banyak yang mengeluh karena umur businya cepat mati.
Blog Widget by LinkWithin

Related Posts